Cara Mudah Mencegah Anemia

Cara Mudah Mencegah Anemia

Write By: adi sutomo Published In: Kesehatan Created Date: 2016-01-29 Hits: 424 Comment: 0

Zat besi amat penting bagi tubuh untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka suplai oksigen jadi kurang. Tubuh jadi cepat lelah, lemas, dan pusing. Ini yang disebut sebagai anemia. Bagaimana mencegahnya?

Zat besi amat penting bagi tubuh untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka suplai oksigen jadi kurang. Tubuh jadi cepat lelah, lemas, dan pusing. Ini yang disebut sebagai anemia.

Anda bisa kurang zat besi karena:

a)      Kurang asupan makanan yang mengandung zat besi dan nutrisi tubuh lainnya.

b)      Kelainan tubuh, tubuh tak dapat menyerap zat besi dengan sempurna.

c)       Penyakit kronis.

d)      Kehilangan darah yang banyak, contohnya seperti pasca operasi pembedahan, menstruasi yang berat, diet yang salah, dan lainnya.

Nah, agar tubuh tidak kekurangan zat besi, Anda harus mengkonsumi makanan sehat yang tinggi zat besi, seperti:

  1. Bayam
    Ini adalah sayuran yang populer untuk mencegah anemia. Bayam amat tinggi vitamin A, kalsium, zat besi, dan vitamin serta mineral penting lainnya. Setengah piring bayam mengandung 3,2 mg zat besi.
  2. Ubi Bit
    Sangat tinggi zat besi yang membantu memperbaiki dan menambah sel darah merah. Bagi penderita anemia disarankan untuk mengonsumi ubi bit sebagai bagian dari diet.
  3. Daging Merah
    Pilihlah bagian daging seperti hati, ginjal, dan liver karena banyak mengandung tinggi zat besi. Konon, daging liver sapi mengandung lebih dari 600% zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.
  4. Roti Gandum
    Roti gandum adalah sumber zat besi yang amat tinggi. Satu roti gandum akan menghasilkan zat besi sebesar 6 persen dari jumlah zat besi harian.
  5. Telur
    Selain tinggi zat besi, telur merupakan sumber protein dan antioksida yang membantu melindungi tubuh bila terserang anemia. Satu telur mengandung 1 mg zat besi. Untuk melawan anemia, telur adalah makanan wajib bagi penderita anemia.

Selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk hidup sehat. Olah raga secara teratur dapat meningkatkan asupan oksigen untuk mengalirkan darah. Rutin meminum suplemen penambah darah juga baik untuk Anda. Pilihlah suplemen yang teruji klinis yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk pembentukan sel dara merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat.

Zat besi amat penting bagi tubuh untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka suplai oksigen jadi kurang. Tubuh jadi cepat lelah, lemas, dan pusing. Ini yang disebut sebagai anemia.

Anda bisa kurang zat besi karena:

a)      Kurang asupan makanan yang mengandung zat besi dan nutrisi tubuh lainnya.

b)      Kelainan tubuh, tubuh tak dapat menyerap zat besi dengan sempurna.

c)       Penyakit kronis.

d)      Kehilangan darah yang banyak, contohnya seperti pasca operasi pembedahan, menstruasi yang berat, diet yang salah, dan lainnya. (Baca: 6 Penyebab Anemia)

Nah, agar tubuh tidak kekurangan zat besi, Anda harus mengkonsumi makanan sehat yang tinggi zat besi, seperti:

  1. Bayam
    Ini adalah sayuran yang populer untuk mencegah anemia. Bayam amat tinggi vitamin A, kalsium, zat besi, dan vitamin serta mineral penting lainnya. Setengah piring bayam mengandung 3,2 mg zat besi.
  2. Ubi Bit
    Sangat tinggi zat besi yang membantu memperbaiki dan menambah sel darah merah. Bagi penderita anemia disarankan untuk mengonsumi ubi bit sebagai bagian dari diet.
  3. Daging Merah
    Pilihlah bagian daging seperti hati, ginjal, dan liver karena banyak mengandung tinggi zat besi. Konon, daging liver sapi mengandung lebih dari 600% zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.
  4. Roti Gandum
    Roti gandum adalah sumber zat besi yang amat tinggi. Satu roti gandum akan menghasilkan zat besi sebesar 6 persen dari jumlah zat besi harian.
  5. Telur
    Selain tinggi zat besi, telur merupakan sumber protein dan antioksida yang membantu melindungi tubuh bila terserang anemia. Satu telur mengandung 1 mg zat besi. Untuk melawan anemia, telur adalah makanan wajib bagi penderita anemia.

Selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk hidup sehat. Olah raga secara teratur dapat meningkatkan asupan oksigen untuk mengalirkan darah. Rutin meminum suplemen penambah darah juga baik untuk Anda. Pilihlah suplemen yang teruji klinis yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk pembentukan sel dara merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat.