Menu buka puasa untuk mendukung kekuatan dan kesehatan tulang

Selama puasa, tubuh dituntut untuk bekerja keras karena harus melakukan berbagai aktivitas tanpa asupan selama sekitar 14 jam. Semua bagian tubuh berperan aktif dalam mendukung aktivitas Anda, termasuk tulang. Meskipun Anda hanya bisa makan dua kali, yaitu ketika Anda bangun dan berbuka puasa, itu tidak berarti Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D untuk tulang Anda. Ayo, simak beragam pilihan menu puasa yang tidak hanya bisa menghilangkan rasa lapar dan haus untuk sementara waktu, tetapi juga dapat mendukung kekuatan dan kesehatan tulang Anda.

Menu buka puasa untuk mendukung kekuatan dan kesehatan tulang

Kebanyakan orang memilih menu buka puasa yang rasanya manis. Baru setelah itu Anda melanjutkan dengan mengonsumsi makanan yang lebih berat. Anda juga dapat berbuka puasa dengan minuman manis diikuti oleh makanan ringan untuk bersandar pada perut Anda.

Bagi Anda yang berniat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang selama puasa, tentu saja, Anda harus tahu jenis makanan apa yang bisa dimakan saat sahur dan istirahat untuk mendukung kerja tulang. Nah, berikut ini beberapa pilihan dari menu buka puasa yang bisa Anda santap saat berbuka puasa.

1. Dikomposisi tanpa santan

resep majemuk

Kompot adalah salah satu camilan terlaris selama bulan Ramadhan. Isi senyawanya bermacam-macam, terdiri dari pisang, ubi, biji zalacca dan sebagainya. Sebagai pelengkap, kolak biasanya disertai dengan saus yang terbuat dari campuran gula merah dan santan.

Nah, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dan kekuatan tulang selama puasa, cobalah cara baru untuk membuat kompos. Bahkan jika kenikmatan kompot kadang-kadang dinilai oleh rasa saus santan, mulai sekarang cobalah untuk mengubah bahan dasar saus dengan susu.

Dalam pembentukan tulang yang kuat dan sehat, Anda membutuhkan dua jenis nutrisi penting, kalsium dan vitamin D. Anda dapat dengan mudah mendapatkan keduanya secara bersamaan dari susu yang dicampur dengan saus senyawa ini.
2. Es krim buah

resep es krim buah

Selain lezat, es krim buah dapat memberikan efek segar dan manis yang mengembalikan energi yang hilang saat puasa.

Es krim buah juga mengandung campuran susu dalam saus, tetapi Anda harus mempertimbangkan jenis susu yang baik untuk dikonsumsi jika Anda ingin meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang Anda. Susu yang sering digunakan oleh pedagang buah es adalah susu kental manis, tinggi lemak dan gula.

Sebagai gantinya, cobalah membuat versi buah es Anda sendiri menggunakan susu pasteurisasi, susu UHT, susu skim (bebas lemak) atau susu bubuk untuk mencampur saus. Dengan cara ini, Anda bisa makan dengan lega tanpa takut dibayangi oleh kadar lemak dan gula yang tinggi sementara Anda lebih sehat untuk tulang Anda.
3. Puding buah

istirahat cepat di jalan

Selama bulan puasa, puding buah bisa menjadi salah satu pilihan pada menu puasa. Selanjutnya, puding fla dibuat dengan susu dan telur yang kaya akan vitamin D dan kalsium.

Namun, Anda harus memilih jenis susu selain susu kental manis jika Anda benar-benar ingin mendapatkan manfaat susu yang baik. Tertarik mencobanya? Contek beberapa resep puding sehat di sini.
4. Smoothie buah

resep untuk smoothie setelah minuman olahraga

Smoothie adalah pilihan minuman manis yang dapat mengembalikan energi dan kesegaran setelah puasa seharian penuh. Smoothie biasanya disiapkan dengan buah segar dengan campuran yogurt dan susu. Kelimpahan nutrisi seperti vitamin, protein dan serat buah, bersama dengan yogurt dan susu kaya kalsium dan vitamin D, cukup untuk meredakan rasa haus dan mengisi perut sedikit.

Gabungkan berbagai jenis buah dalam segelas smoothie sebagai menu buka puasa. Misalnya campuran pisang dan stroberi, mangga dan pepaya, stroberi dan alpukat, serta lainnya.
5. Makaroni schotel
Sumber: Hero Supermarket

Sambil menikmati es teh, Anda bisa melengkapinya dengan mengonsumsi makanan yang akan mengisi perut kosong Anda, schotel macaroni. Makaroni schotel adalah hidangan pasta yang biasanya dimasak dengan dipanggang.

Dalam satu hidangan mengandung berbagai nutrisi, termasuk kalsium dan vitamin D dari campuran susu dan telur. Keduanya dapat bekerja dengan baik untuk membantu memelihara dan memperkuat tulang Anda. Tidak hanya itu, Schotel macaroni juga menyumbangkan energi, protein, karbohidrat dan sedikit lemak untuk membantu memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

Baca juga :