Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Loh…Yuk Disimak

Selama ini banyak orang telah mencoba mencari suplemen yang berbeda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada kenyataannya, ada cara alami dalam bentuk makanan dan kebiasaan sehari-hari yang dapat mendukung hal ini.

Sistem kekebalan atau sistem kekebalan melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyebab penyakit seperti virus dan bakteri. Sistem ini terdiri dari sel, jaringan dan organ yang bekerja bersama. Ketika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi secara optimal, tubuh rentan terhadap penyakit.

Tingkatkan sistem kekebalan dengan makanan dan kebiasaan ini

Dukungan diet kekebalan tubuh

Jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan alami Anda, ini adalah makanan yang bisa Anda konsumsi:

brokoli

Mulai makan sayuran ini secara teratur. Karena manfaat brokoli mengandung serat dan antioksidan serta vitamin A, C dan E. Kandungan nutrisi brokoli untuk produksi sayuran dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yang terbaik adalah makan brokoli jika proses memasak dikurangi hingga minimum, misalnya dengan mencelupkannya sebentar ke dalam air panas.

bayam

Kandungan antioksidan bayam tidak kalah tinggi dari brokoli. Dalam kombinasi dengan beta-karoten dan vitamin C, produksi bayam yang efektif membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Sama seperti brokoli, masak bayam sebentar, jadi nutrisi tidak terbuang sia-sia.

bawang putih

Makanan ini mengandung allicin. Zat-zat ini cenderung membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan penyebab infeksi. Tambahkan bawang putih mulai sekarang sehingga Anda dapat mengkonsumsinya dengan mudah.

kunyit

Warna kuning kunyit menunjukkan bahwa bahan ini mengandung curcumin. Bahan makanan kuning ini telah lama digunakan sebagai komponen antiinflamasi atau antiinflamasi, terutama pada osteoartritis dan artritis reumatoid. Kunyit diyakini berpotensi mencegah kanker dan pembentukan pembuluh darah baru yang berperan penting dalam pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

pepaya

Manfaat utama pepaya adalah kaya akan nutrisi. Salah satunya adalah papain, enzim pencernaan yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Selain itu, pepaya mengandung vitamin B, kalium dan asam folat. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya bahkan dapat melebihi kebutuhan vitamin C per hari. Makan pepaya juga bisa meredakan saluran pencernaan.
Selain itu, penting untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula. Kadar gula yang terlalu tinggi dapat menghambat kerja sel kekebalan dalam melawan bakteri selama beberapa waktu.

Gaya hidup sehat yang tepat

Selain mengatur asupan makanan, gaya hidup sehat juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini adalah gaya hidup sehat:

Berolahraga secara teratur

Ini mungkin terlihat seperti klise, tetapi para ahli medis secara teratur merekomendasikan Anda untuk bergerak secara teratur. Misalnya, jalan sekitar 30 menit setiap hari. Manfaat olahraga dapat meningkatkan aliran darah, membantu mengoptimalkan kinerja metabolisme organ dan menghilangkan stres sehingga Anda dapat merasa beristirahat, tidur lebih baik dan meningkatkan produksi bahan kimia dalam tubuh. Hal-hal ini memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menangani stres

Stres tinggi atau stres berkepanjangan dapat membuat Anda ringan dan serius. Mengapa itu terjadi? Pemogokan menyebabkan perubahan hormon yang menekan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, berbagai penyakit mudah menyerang. Mulailah mengelola stres secara sadar, bermeditasi, berinteraksi dengan orang lain atau berkonsultasi dengan ahli medis.

tertawa

Kedengarannya aneh? Serupa dengan pelatihan, melalui aksi tawa, tubuh akan meningkatkan produksi endorfin, yang membantu melawan hormon stres dalam tubuh. Ini terbukti secara ilmiah. Lebih jauh, tawa meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam memerangi infeksi.

tergantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sendirian atau merasa sendirian, sistem kekebalan tubuhnya cenderung lebih lemah. Sebaliknya, orang yang memiliki teman dan kehidupan sosial yang baik, sistem kekebalan tubuh mereka lebih kuat. Jadi jangan ragu untuk bergaul dan berteman dari waktu ke waktu.

Tidur yang cukup

Penelitian telah menunjukkan bahwa pemulihan yang memadai meningkatkan pertahanan tubuh ketika terkena serangan penyakit. Ini terkait dengan produksi protein sitokin oleh sistem kekebalan ketika kita tertidur. Sitokin diperlukan untuk infeksi, peradangan atau stres. Tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam sehari membantu menjaga kekebalan tubuh secara efektif.

Meskipun bahan makanan di atas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda tetap harus mengonsumsi berbagai bahan makanan. Jadi gabungkan dengan gaya hidup sehat. Keduanya secara alami dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

Baca Juga :

Penyebab Pedal Kopling Berbunyi

Berbagai Contoh Karangan Narasi, Deskripsi, Argumentasi, Eksposisi, dan Persuasi

Anda Kelas X ? Pelajari Cara Membuat Teks Prosedur Di Sini, YUK!