Definisi Pendidikan Dan Fungsi Pendidikan

esene.co.id – Konsep pendidikan adalah proses belajar pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang berpindah dari satu genre ke genre lain melalui pengajaran, pelatihan dan penelitian.

Beberapa juga mengatakan bahwa definisi pendidikan adalah upaya yang disengaja untuk secara sistematis menciptakan suasana pembelajaran di kelas yang memungkinkan siswa untuk mengeluarkan potensi mereka. Dengan pendidikan, seseorang dapat memiliki kecerdasan, karakter yang mulia, kepribadian, kekuatan spiritual dan kemampuan yang bermanfaat bagi mereka dan masyarakat.

Dalam bahasa Inggris, kata pendidikan disebut pendidikan, kata yang secara etimologis berasal dari bahasa Latin, yaitu Eductum. Kata Eductum terdiri dari dua kata, E, yang berarti pengembangan dari dalam ke luar, dan Duco, yang artinya berkembang. Dengan demikian, secara etimologis, pentingnya pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan dan kekuatan individu sendiri.

Singkatnya, konsep pendidikan adalah proses belajar bagi siswa untuk memahami sesuatu dan mengubahnya menjadi orang yang berpikir.

Pemahaman pendidikan menurut para ahli
Untuk lebih memahami apa arti pendidikan, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, konsep pendidikan adalah proses mengarahkan semua kekuatan alam yang ada pada anak-anak siswa sehingga mereka, sebagai manusia dan anggota masyarakat, dapat mencapai tingkat keamanan dan kepuasan tertinggi.

2. Martinus Jan Langeveld

Menurut Martin Langeveld, gagasan pendidikan adalah upaya untuk membantu anak-anak melakukan pekerjaan mereka secara mandiri, sehingga mereka bertanggung jawab atas tanggung jawab mereka. Pendidikan adalah upaya manusia untuk membawa orang dewasa menjadi dewasa.

3. Ahmad D. Marimba

Menurut Ahmad D. Marimba, gagasan pendidikan adalah panduan atau panduan yang disengaja dari pendidik bahwa perkembangan fisik dan spiritual dilatih untuk membentuk kepribadian utama.

4. Stella Van Petten Henderson

Menurut Stella Van Petten Henderson, pendidikan adalah kombinasi dari pertumbuhan, pengembangan diri dan warisan sosial.

5. Carter V. Bagus

Menurut Carter V. Bene, konsep pendidikan adalah proses pengembangan kemampuan individu dalam sikap dan perilaku masyarakat. Proses sosial di mana seseorang dipengaruhi oleh lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau sekolah, untuk mengembangkan dan mengembangkan keterampilan sosial.

6. Hukum Republik Indonesia

Menurut undang-undang 20 tahun 2003, konsep pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana pembelajaran dan proses pembelajaran sehingga para pendidik secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk kekuatan spiritual spiritual, pengendalian diri, dan kepribadian, kecerdasan, karakter dan keterampilan luhur. yang diperlukan sendirian, masyarakat atau bangsa dan bumi.

Secara umum, tujuan pendidikan adalah untuk mendidik dan mengembangkan potensi siswa. Dengan pertumbuhan kecerdasan dan potensi diri, setiap anak dapat menjadi pengetahuan, kreativitas, kesehatan fisik dan mental, kepribadian yang baik, anggota masyarakat yang mandiri dan bertanggung jawab.

Tujuan pendidikan juga disebutkan dalam hukum Republik Indonesia, termasuk:

1. Hukum n. 2 tahun 1985

Tujuan pendidikan menurut hukum n. 2 tahun 1985 adalah mendidik kehidupan bangsa dan mengembangkan seluruh manusia, takut akan Tuhan Yang Mahakuasa, memiliki pengetahuan, sehat secara fisik dan mental, memiliki karakter yang mulia, mandiri, memiliki kepribadian yang kuat, dan bertanggung jawab atas bangsa.

2. Hukum n. 20 tahun 2003

Menurut hukum. No. 20 tahun 2003, pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional, tujuan dari sistem pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi siswa untuk menjadi orang-orang yang percaya pada Tuhan Yang Maha Esa dan takut untuk memiliki karakter yang mulia, sehat, kompeten, kreatif, mereka adalah merdeka dan warga negara menjadi negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

3. MPRS no. 2 tahun 1960

Menurut MPRS no. 2 Tujuan pendidikan pada tahun 1960 adalah untuk melatih seseorang dengan semangat Pancasila yang asli, berdasarkan ketentuan yang diinginkan pada pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.

Fungsi pendidikan

Secara umum, fungsi pendidikan adalah mengembangkan keterampilan, membentuk karakter dan kepribadian, sehingga siswa menjadi individu yang bermartabat.

Sumber: www.berpendidikan.com

Baca Artikel Lainnya:

Perkembangan Wisata Di Indonesia Saat Ini

Pengertian Manajemen Aset serta Siklus Asset Management