Pentingnya Menjaga Kesehatan Kaki

esene.co.id – Banyaknya aktivitas yang perlu kita lakukan membuat kesehatan kaki menjadi penting. Pada setiap langkah, kaki Anda harus mampu menopang berat badan mereka. Jika sakit, pasti akan menghambat mobilitas.

“Orang sering tidak memperhatikan kesehatan dan kaki mereka, meskipun kesehatan kaki harus menjadi prioritas,” Dr. Marian T. Hannan, seorang ahli kesehatan kaki di Institute for Aging Research in Hebrew Senior Life, seperti dikutip dalam News in Health.

Pada setiap tahap, kaki mencakup jaringan antara tulang, otot, tendon, dan ligamen. Semua ini terkait dengan berat yang dibawanya. Oleh karena itu, kaki mengalami masalah seperti patah tulang, nyeri sendi, dan pembengkakan yang membentang di sepanjang kaki (plantar fasciitis).

Jika tidak ditangani, masalah kaki bisa bertambah buruk. Akibatnya, rasa sakit bisa memengaruhi kemampuan berjalan atau menaiki tangga. Nyeri ini juga bisa bertahan dan menyebabkan nyeri pada lutut, pinggul dan punggung. Masalah-masalah ini akan terus tumbuh dan membatasi kegiatan sehari-hari.

Beberapa hal dapat menyebabkan sakit kaki atau mati rasa, seperti: Olahraga dan aktivitas fisik yang berlebihan. Kegagalan untuk melakukan pemanasan dengan benar sebelum latihan dapat menyebabkan cedera kaki. Kelebihan berat badan dan memakai sepatu yang tidak pas juga akan menyebabkan masalah kaki.

Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan kaki:

1. Perhatikan ukuran dan bahan sepatu yang digunakan

Cobalah selalu sepatu yang bisa Anda beli dengan memakainya dan berjalan. Jika Anda merasa kencang atau tidak nyaman, Anda tidak harus dipaksa untuk membeli karena menyebabkan abrasi pada kaki Anda.

2. Cuci kaki Anda secara teratur

Biasakan mencuci kaki Anda dengan air hangat dan scrub ketika Anda menyelesaikan bisnis Anda. Gosok secara menyeluruh dengan handuk bersih, terutama di antara jari kaki.

3. Kenakan kaus kaki bersih

Selalu ganti kaus kaki secara teratur. Jika aktivitas itu sebenarnya cukup dan kaki Anda berkeringat sekarang, Anda harus segera mengganti kaus kaki. Dengan cara ini kelembaban kaki dipertahankan dan timbulnya bau kaki dihindari.

4. Lakukan latihan kaki

Hannan menunjukkan bahwa semakin banyak olahraga yang dilakukan kaki, semakin baik sirkulasi darah dan ini penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mudah atau jogging.

Anda juga dapat mencoba metode ini: duduk dan putar pergelangan kaki Anda ke satu arah, lalu beralih ke yang lain. Latihan ini membantu untuk meregangkan dan menguatkan kaki.

Sumber: www.caramedis.com

Baca Artikel Lainnya:

Manfaat Mempelajari ilmu Manajemen

Perkembangan Olahraga Renang